Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Kendalsari Kota Malang)

Main Author: Fatmawati, Nila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165570/1/Nila%20Fatmawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/165570/
Daftar Isi:
  • Pelayanan merupakan jasa yang dibutuhkan oleh semua orang. Dalam kehidupan sehari-hari manusia banyak membutuhkan pelayanan misalnya pelayanan transportasi, kesehatan, pendidikan dan masih banyak lagi pelayanan lainnya. Di tingkat pemerintah daerah kota ataupun kabupaten, masyarakat dapat menggunakan fasilitas kesehatan yang diadakan oleh rumah sakit ataupun pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS). Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sangat membutuhkan kerjasama tim yang baik, sehingga kualitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh setiap Puskesmas dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat atau pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah proses pelayanan kesehatan dan jenis pelayanan yang ada di Puskesmas Kendalsari Kota Malang dalam melaksanakan pelayanan kesehatan pada masyarakat miskin. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Kendalsari Kota Malang Jl. Cengger Ayam I No. 8 Malang. Sumber data berasal dari sumber data primer yang berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian sendiri sebagai instrumen utama. Sedangkan teknik analisis data yang diperoleh menggunakan prosedur tahap penyajian data, tahap komparasi dan tahap penyajian hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah proses pelayanan kesehatan di Puskesmas Kendalsari Kota Malang sudah berjalan dengan baik, proses atau alur yang jelas dengan adanya pemasangan informasi tentang alur pelayanan sangat membantu pasien dalam melakukan kegiatan berobat pada Puskesmas. Persyaratan pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit juga membantu proses berjalan dengan baik, jenis layanan yang lengkap memudahkan masyarakat untuk berobat di Puskesmas. Kualitas pelayanan mengenai penjaminan yang diberikan oleh Puskesmas sudah baik dan pelayanan yang diberikan sudah menjadi kepercayaan masyarakat. Sedangkan hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh Puskesmas Kendalsari ini adalah SDM, kurang tertibnya administrasi baik itu pelaporan kegiatan, pemenuhan kebutuhan data untuk kepegawaian maupun kebutuhan program. Agar pelayanan kesehatan berjalan dengan baik sebaiknya pasien memberikan masukan terhadap kinerja pegawai lewat email yang telah dipasang dikaca setiap poli sehingga dapat mengevaluasi pelayanan yang diberikan.