Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak (Studi pada Wajib Pajak Restoran di UPPRD Kebayoran Baru Jakarta Selatan)
Main Author: | Parsaulian, William |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165554/1/William%20Parsaulian.pdf http://repository.ub.ac.id/165554/ |
Daftar Isi:
- Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber penerimaan daerah yang terdiri atas pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain. Pajak restoran termasuk dalam komponen pajak daerah. Jika melihat dari banyaknya pusat hiburan serta pusat perbelanjaan di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, maka pajak restoran merupakan sektor potensial dalam peningkatan penerimaan daerah tersebut. Realisasi penerimaan pajak restoran yang tidak mencapai 100% menjadi penyebab dilakukan penelitian terhadap kepatuhan wajib pajak restoran di UPPRD Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak restoran. Penelitian ini termasuk dalam jenis explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak restoran yang terdaftar di UPPRD Kebayoran Baru yang berjumlah 88 wajib pajak dengan menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pajak berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak UPPRD Kebayoran Baru dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap wajib pajak, selain itu hasil penelitian ini juga dapat menjadi bahan untuk pengembangan dalam penelitian pajak dimasa depan.