Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017)
Main Author: | Endiyani, Mutia Rafitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165547/1/Mutia%20Rafitri%20Endiyani.pdf http://repository.ub.ac.id/165547/ |
Daftar Isi:
- Memaksimalkan nilai perusahaan merupakan tujuan dari setiap pendirian suatu perusahaan. Tingginya nilai perusahaan tidak akan terwujud apabila perusahaan hanya berfokus pada pemaksimalan laba, tetapi juga harus memperhatikan kepentingan internal maupun eksternal perusahaan. Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan faktor penting yang mampu meningkatkan nilai perusahaan dengan memperhatikan keseimbangan antara kepentingan internal maupun eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh GCG terhadap nilai perusahaan, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh GCG terhadap pengungkapan CSR, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah GCG, pengungkapan CSR, dan nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017 sebanyak 40 perusahaan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 13 perusahaan yang di ambil menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, (2) Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), (3) Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.