Pengaruh Green Marketing Terhadap Brand Image Serta Dampaknya pada Purchase Decision (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 Angkatan 2016/2017, 2017/2018 dan 2018/2019 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Tisu Merek Paseo)
Main Author: | Sampurno, Herningtyas Ardhirahman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165539/1/Herningtyas%20Ardhirahman%20Sampurno.pdf http://repository.ub.ac.id/165539/ |
Daftar Isi:
- Saat ini isu tentang permasalahan lingkungan menjadi bahan perbincangan banyak pihak, baik perorangan maupun organisasi. Secara langsung dan tidak langsung masalah lingkungan tersebut ditimbulkan dari aktivitas yang berhubungan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan, pertanian, ekonomi, serta sosial dan bisnis. Berbagai tekanan dari peraturan pemerintah dan kelompok masyarakat yang mulai sadar tentang pentingnya pelestarian lingkungan, mewajibkan organisasi bisnis menjalankan aktivitas bisnisnya secara ramah lingkungan. Hal itu berdampak langsung terhadap industri yang menggunakan sumber daya alam dalam menunjang aktivitas produksinya. PT. Pindo Deli Pulp & Paper sebagai produsen tisu merek Paseo, turut serta untuk menjalankan bisnisnya secara ramah lingkungan dengan mengupayakan penerapan strategi Green Marketing untuk mengembangkan Brand Image sehingga dapat memengaruhi Purchase Decision konsumennya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Peneliti menggunakan teknik purposive sampling mengambil sampel sebanyak 115 orang responden yang membeli produk tisu Paseo. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Green Marketing terhadap Brand Image; (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Decision; (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Brand Image terhadap Purchase Decision. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Green Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Brand Image sebesar 71,1%; (2) variabel Green Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Purchase Decision sebesar 41,7%; (3) variabel Brand Image berpengaruh signifikan terhadap variabel Purchase Decision sebesar 23,6%. PT. Pindo Deli Pulp & Paper, produsen tisu merek Paseo dinilai oleh peneliti telah baik dalam menerapkan strategi Green Marketing untuk membangun citra positif perusahaan dan produknya dengan penyampaian informasi melalui media kepada konsumen sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk tisu merek Paseo.