Public Service Innovation of "SAMBAT" Online as Efforts to Improve Public Complaints Service (Study on Communication and Informatics Department of Malang City)

Main Author: Nuryanto, Rocky Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165526/1/Rocky%20Tri%20Nuryanto.pdf
http://repository.ub.ac.id/165526/
Daftar Isi:
  • Inovasi pelayanan merupakan suatu pembaharuan atau terobosan yang diberikan untuk mengembangkan atau memperbarui dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya untuk menciptakan sesuatu yang baru dan lebih baik lagi. Inovasi pelayanan Sambat Online merupakan salah satu inovasi pelayanan yang diberikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, dimana Sambat online ini ialah layanan pengaduan berbasis IT yang dapat di akses melalui website dan juga SMS (Short Massage) untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengaduan atau keluhan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Dinas Komunikasi Kota Malang. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Inovasi Sambat Online yang dilakukan oleh Dinas komunikasi dan infotmatika kota malang telah memberikan pembaharuan,kemudahan dan juga kebermanfaatan hal ini dapat ditinjaumelalui beberapa aspek yaitu : (1) kompabilitas ; (2) Kemampuan diuji coba ; (3) Kemampuan untuk diamati. Walaupun memang pelaksanaan nya masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya : lambatnya penanganan,sambatan yang tak sesuai dengan jangkuan Dinas Kota Malang, Minimnya sambatan yang masuk namun Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang akan selalu mencoba melakukan perbaikan dan juga pengembangan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pengaduan. Dan juga pemerintah diharapkan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait penggunaan sambat agar masyarakat lebih bijak dalam memberikan masukan atau pengaduan kepada Pemerintah Kota Malang.