Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Gen-M Konsumen Cadbury Dairy Milk di Kota Malang)
Main Author: | Fauzia, Diah Retno Sufi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165515/1/Diah%20Retno%20Sufi%20Fauzia.pdf http://repository.ub.ac.id/165515/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal dan Bahan Produk terhadap Minat Beli, serta menguji pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory, variabel penelitian ini yaitu Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk sebagai variabel bebas dan Minat Beli sebagai variabel terikat, selanjutnya Minat Beli sebagai variabel bebas dan Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 116 orang responden Gen-M (Generasi Muslim) berusia 24-28 tahun yang tinggal di Kota Malang. Metode analisis data dengan menggunkan regresi berganda dan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Variabel Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap Minat Beli, 2)Variabel Sertifikasi Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, 3)Variabel Bahan Produk berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, 4)Variabel Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Saran praktis yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah perusahaan diharapkan selalu memperhatikan pembaharuan Sertifikasi Halal secara berkala karena segmen Gen-M (Generasi Muslim) dari aspek religiusitas sangat mempercayai anjuran Allah SWT untuk mengonsumsi makanan halal sangat mendominasi jawaban yang diberikan oleh responden, sehingga logo halal yang telah dimiliki oleh produk Cadbury Dairy Milk harus diperbaharui dan diperhatikan karena menjadi hal penting yang mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk membeli. Keaslian logo halal harus selalu diupayakan oleh perusahaan agar tidak menimbulkan kecurigaan konsumen. Bahan produk yang terkandung dalam coklat Cadbury Dairy Milk dianggap konsumen sudah mampu mencerminkan kualitas produk coklat Cadbury Dairy Milk yang baik sehingga perusahaan perlu mempertahankan informasi komposisi yang terkandung dalam kemasan Cadbury Dairy Milk selain itu perusahaan perlu menghindari bahan produk yang asing bagi konsumen agar konsumen tetap loyal. Lebih lanjut Perusahaan harus tetap menjaga rasa dan tekstur otentik Cadbury Dairy Milk karena disukai konsumen serta perusahaan perlu membuat tampilan baru pada artikel sehingga mampu menarik perhatian konsumen. Saran praktis bagi pemerintah yaitu diharapkan pemerintah mempertimbangkan kebijakan untuk memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang tidak memperbaharui sertifikasi halal secara berkala.