Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian pada Website Ecommerce (Studi pada Konsumen PT. B)

Main Author: Kurniawan, Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165503/1/Rizky%20Kurniawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/165503/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh Kualitas Website terhadap Kepercayaan (2) pengaruh Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian (3) pengaruh Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitan penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Website, Kepercayaan dan Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen website PT. B yang pernah berbelanja pada website PT. B setidaknya sebanyak satu kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa Kualitas Website berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan, Kualitas Website berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada PT. B untuk terus untuk memperhatikan dan mempertimbangkan jawaban-jawaban yang diberikan oleh responden terhadap pertanyaan terbuka di dalam penelitian ini, dikarenakan umumnya responden masih merasakan banyaknya kekurangan pada kualitas dan juga fitur pada website PT. B, misalnya proses loading website yang lebih cepat, ketersediaan fitur live chat, ketersediaan fitur negosiasi harga, ketersediaan fitur komparasi produk, ketersediaan fitur rating produk dan ketersediaan fitur request order.