Inovasi Perizinan Reklame dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Probolinggo)
Main Author: | Aziz, Taufik Hiadayatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165485/1/Taufik%20Hiadayatul%20Aziz.pdf http://repository.ub.ac.id/165485/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan kehidupan yang dinamis menuntut pemerintah untuk dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari kondisi kehidupan yang cepat dan kompetitif. Pelayanan publik yang berkualitas secara nyata akan mendukung produktifitas masyarakat dalam pembangunan. Urusan bidang perizinan menjadi tugas penting pemerintah daerah untuk dilaksanakan secara efektif dan efisien. Adanya inovasi pelayanan dalam bidang perizinan merupakan salah satu instrumen penting guna meningkatkan kualitas pelayanan yang diinginkan. Kota Probolinggo sebagai salah satu daerah otonom di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam hal perdagangan dan investasi. Hal tersebut secara langsung akan berdampak pada jumlah permintaan pelayanan perizinan, sehingga pemerintah daerah harus bersikap responsif dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Probolinggo sebagai institusi pemerintah penyelenggara pelayanan perizinan harus mampu menjawab peluang ini dengan kinerja yang berkualitas dan inovatif. Penelitian ini adalah suatu penelitian berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) pelaksanaan pelayanan perizinan reklame, dan (2) inovasi pelayanan perizinan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Model Interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesmpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelaksanaan pelayanan perizinan reklame dapat dilihat dari 4 (empat) aspek, yaitu (1) prosedur pelayanan; (2) persyaratan pelayanan; (3) biaya pelayanan, dan (4) waktu pelayanan. Semua aspek pelayanan perizinan reklame sudah menunjukkan pelaksaanan yang baik sesuai motto pelayanan, yakni cepat, mudah, transparan, dan pasti. Inovasi pelayanan perizinan dilakukan dalam 2 (dua) bentuk; (1) pelayanan secara online, (2) pelayanan jemput bola. Dua bentuk inovasi pelayanan tersebut mampu meningkatkan kualitas pelayanan meskipun masih perlu perbaikan dalam pelaksanaannya.