Strategi Pemerintah Daerah Melalui City Branding dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batu)
Main Author: | Hasyimi, Anas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165451/1/Anas%20Hasyimi.pdf http://repository.ub.ac.id/165451/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) strategi city branding dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, (2) faktor-faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam penerapan city branding. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di dinas kebudayaan dan pariwisata kota batu. Data primer dalam penelitian ini berupa wawancara dengan narasumber dan data sekunder berupa dokumen pendukung terkait branding di kota batu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi non partisipan. Analisis data menggunakan analisis model interaktif miles dan huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan city branding di kota batu berdampak terhadap meningkatnya kunjungan wisata yang hasilnya meningkatkan pendapatan asli daerah, (2) faktor pendukung terlaksananya city branding di kota batu yaitu kesiapan pemerintah, dan kualitas sumber daya alam, sedangkan faktor penghambatnya kurangnya kesiapan masyarakat kota batu