Analisis Biaya Pemasaran Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Laba Hasil Penjualan (Studi Kasus pada CV. Indah Cemerlang Malang)
Main Author: | Larasati, Dini Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165435/1/Dini%20Ayu%20Larasati.pdf http://repository.ub.ac.id/165435/ |
Daftar Isi:
- Analisis biaya pemasaran perusahaan dalam pasar yang bersifat kompetitif menjadi bagian penting dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Analisis terhadap biaya pemasaran bertujuan untuk menyajikan informasi bagi manajemen untuk penentuan harga pokok produk, pengendalian biaya pemasaran, penentuan biaya pemasaran, dan satuan kegiatan pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui cara menganalisis biaya pemasaran berdasarkan jenis produk pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang tahun 2014 - 2016. (2) Mengetahui persentase biaya pemasaran yang dikeluarkan dan laba setelah biaya pemasaran yang dihasilkan oleh tiap jenis produk dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan Indah Cemerlang Malang berdasarkan analisis biaya pemasaran terhadap jenis produk tahun 2014–2016 (3) Mengetahui gambaran informasi yang dihasilkan dalam analisis biaya pemasaran berdasarkan jenis produk untuk meningkatkan laba setelah biaya pemasaran perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik yang akan digunakan oleh peneliti dalampenulisan skripsi ini yaitu dokumentasi, yaitu penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan laporan, dokumen-dokumen perusahaan, dan data pendukung sekunder yang ada kaitannya dengan masalah yang akan diteliti dan dibahas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Laporan Laba Rugi, 2) Jenis Biaya Pemasaran dan 3) Dasar Alokasi Biaya. Hasil dari analisis biaya pemasaran menurut jenis produk, dapat diketahui bahwa meningkatnya biaya pemasaran tidak diimbangi dengan meningkatnya laba setelah biaya pemasaran dari tahun 2014 hingga tahun 2016. Hasil dari analisis persentase dapat dilihat bahwa persentase penjualan, harga pokok penjualan, biaya pemasaran serta laba setelah biaya pemasaran dari tahun 2014 hingga tahun 2016 untuk semua jenis produk yang dihasilkan adalah tidak menentu. Prosentase harga pokok penjualan dan biaya pemasaran memberikan dampak terhadap perubahan pencapaian keuntungan perusahaan. Semakin tinggi prosentase harga pokok penjualan, maka laba setelah biaya pemasaran akan mengalami penurunan, demikian pula sebaliknya semakin menurunnya harga pokok penjualan maka pencapaian laba setelah biaya pemasaran akan mengalami peningkatan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu CV. Indah Cemerlang harusnya lebih memperhatikan pada produk yang kurang menjual di pasaran, perlu untuk lebih memperhatikan biaya produksinya, dengan membuat perencanaan biaya produksi secara cermat dan hati-hati dan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk-produknya agar tetap bisa bersaing dengan produk-produk lain dari perusahaan-perusahaan sejenis.