Analisis Strategi Pemasaran E-commerce Pada Produk Kosmetik Buatan Dalam Negeri Di Kota Malang (Studi pada PT. Emina Tahun 2017)

Main Author: Laksananto, Zulfikar Imam
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165418/1/Zulfikar%20Imam%20Laksananto.pdf
http://repository.ub.ac.id/165418/
Daftar Isi:
  • E-commerce atau yang dikenal sebagai electronic commerce atau perdagangan elektronik merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. E-commerce didefinisikan sebagai transaksi ekonomi saat pembeli dan penjual bersama-sama melalui media elektronik dari internet membentuk kontrak perjanjian mengenai harga dan pengiriman barang atau jasa tertentu dan menyelesaikan transaksi melalui pengiriman dan pembayaran barang atau jasa sesuai kontrak. PT. Emina merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. PT. Emina melakukan kegiatan jual beli dan memasarkan produk kosmetik melalui media internet atau yang sering disebut dengan ecommerce. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penerapan strategi pemasaran e-commerce terhadap penjualan produk kosmetik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan triangulasi yang dilakukan kepada dua orang kepala divisi marketing dan karyawan divisi marketing. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan datan, penyajian data, kondensasi data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan strategi pemasaran e-commerce memiliki dampak yang besar bagi perusahaan dari segi penjualan produk. Pada tahun-tahun sebelum menerapkan strategi pemasaran e-commerce, perusahaan tidak mengalami perubahan secara signifikan dari segi penjualannya. Dan pada tahun 2017 perusahaan melakukan penerapan strategi pemasaran ecommerce meliputi pemasaran produk sampai penjualan produk telah mengalami banyak perubahan dan meningkatnya jumlah penjualan produk dari perusahaan.