Pengaruh Kualitas Pelayanan Ragam Layanan Unggulan SAMSAT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Karangploso)
Main Author: | Anggraini, Farah Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165415/1/Farah%20Dewi%20Anggraini.pdf http://repository.ub.ac.id/165415/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya ketidakpatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Selain itu, lokasi tempat pembayaran pajak yang jauh membuat Wajib Pajak kurang berminat untuk membayar pajak. Sehingga pemerintah membuat inovasi dengan beberapa layanan unggulan SAMSAT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak kendaraan bermotor di wilayah kerja SAMSAT Karangploso dan mengetahui perbedaan signifikan tiga layanan unggulan SAMSAT tersebut. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan survey dengan kuisioner. Sampel dari penelitian ini adalah 299 Wajib Pajak kendaraan bermotor yang menggunakan layanan unggulan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan ANOVA satu arah. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana kualitas pelayanan yang berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak secara berurutan adalah kualitas layanan SAMSAT Keliling, SAMSAT Payment Point dan terakhir adalah SAMSAT On The Spot. Sedangkan berdasarkan hasil analisis varian One-Way ANOVA bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kepatuhan WP antara layanan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot. Namun, kualitas pelayanan pada layanan SAMSAT Payment Point, SAMSAT Keliling, dan SAMSAT On The Spot tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi lembaga pemerintah terkait untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan terus memunculkan inovasi sehingga dapat menekan ketidakpatuhan Wajib Pajak. Selain itu, penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan selanjutnya.