Pengaruh Social Commerce Construct terhadap Consumer Trust dan Purchase Intention (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang melakukan Pembelian Online menggunakan Website Tokopedia)

Main Author: Renardy H, Kartiko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165411/1/Kartiko%20Renardy%20H.pdf
http://repository.ub.ac.id/165411/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Social Commerce Construct terhadap Consumer Trust dan Purchase Intention. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Commerce Construct (X), Consumer Trust (Y1) dan Purchase Intention (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang pernah melakukan pembelian online melalui website Tokopedia dan pernah membeli minimum dua kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden dengan menggunakan teknik probability sampling dengan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis) Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) variabel Social Commerce Construct berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Consumer Trust. Hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien jalur variabel Social Commerce Construct sebesar 0,523 dengan angka probabilitas sebesar 0,000 yang menandakan bahwa angka ini kurang dari alpha (p<0,05), sehingga dikatakan signifikan. (2) variabel Social Commerce Construct berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Purchase Intention dengan variabel Consumer Trust sebagai variabel mediasi. Hasil indirect effect adalah sebesar 0,140 dan angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Consumer Trust berperan dalam hubungan antar variabel Social Commerce Construct dan Purchase Intention. (3) variabel Consumer Trust berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Purchase Intention. Hal ini dapat terlihat dari nilai koefisien jalur variabel Consumer Trust sebesar 0,267 dengan angka probabilitas sebesar 0,003 yang menandakan bahwa angka ini kurang dari alpha (p<0,05), sehingga dikatakan signifikan