Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 yang Pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial Instagram )
Main Author: | Hamdani, Muhammad Yusuf |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165387/1/Muhammad%20Yusuf%20Hamdani.pdf http://repository.ub.ac.id/165387/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan online shop (belanja online) membuat konsumen semakin mudah berbelanja tanpa menghabiskan waktu dan tenaga, serta didukung dengan keberadaan online store (toko online) yang pertumbuhannya semakin meningkat dari tahun ketahun. Manfaat inilah yang membuat belanja online semakin diminati. Penerapan Viral Marketing yang baik pada online store diharapkan menjadi strategi yang tepat dan dapat membantu dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing (X) baik secara bersama-sama maupun secara langsung terhadap Kepercayaan Konsumen (Y1) dan Keputusan Pembelian (Y2). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 yang pernah melakukan pembelian online melalui media sosial Instagram dengan sampel sejumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS 20 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung variabel Viral Marketing (X) terhadap variabel Kepercayaan Konsumen (Y1) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien path sebesar 0,641 dengan probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Variabel Kepercayaan Konsumen (Y1) mempunyai pengaruh secara langsung terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y2) yang bernilai positif dan signifikan dengan nilai koefisien path sebesar 0,386 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,5). Variabel Viral Marketing (X) mempunyai pengaruh secara langsung terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y2) dengan nilai koefisien path sebesar 0,430 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Adapun pengaruh secara tidak langsung variabel Viral Marketing (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y2) melalui variabel Kepercayaan Konsumen (Y1) sebesar 0,248.