Analisis Value Proposition untuk mencapai Product-Market Fit pada Pasar Perdagangan Digital (Studi pada Agen Tapp Market area Malang Raya)
Main Author: | Prastiwi, Mutiarani Nasyta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165381/1/Mutiarani%20Nasyta%20Prastiwi.pdf http://repository.ub.ac.id/165381/ |
Daftar Isi:
- Tapp Market adalah aplikasi mobile marketplace yang memfasilitasi perdagangan digital dengan sistem pembayaran tunai yang memberikan jasa untuk menjembatani pembayaran belanja digital secara tunai melalui pihak ketiga yang disebut agen Tapp Market. Selain menjadi tempat pembayaran, agen Tapp Market juga merupakan kunci siklus transaksi digital pada aplikasi Tapp Market karena memiliki fungsi sebagai penghubung antara konsumen akhir dengan penyedia barang yang dijual di aplikasi tersebut. Sehingga secara tidak langsung, agen Tapp Market adalah satu pihak yang menggambarkan cara kerja jasa utama yang dimiliki Tapp Market untuk pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja nilai proposisi dari Tapp Market yang dibentuk untuk agen Tapp Market, serta bagaimana nilai proposisi tersebut cocok (fit) dengan permintaan agen perdagangan digital Indonesia. Jenis penelitian ini adalah mix method atau metode campuran dengan jenis sekuensial eksploratoris dimana yang lebih dominan adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara dan dokumentasi lalu diperkuat data kuantitatif hasil dari kuesioner. Analisis dilakukan dengan memetakan dan mencocokan setiap aspek proposisi nilai dari Tapp Market menggunakan kanvas proposisi nilai dengan metode kualitatif dan dilanjutkan dengan merangking dan mengolah data kuantitatif untuk menemukan proposisi nilai utama dari Tapp Market. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa segmen agen membutuhkan sebuah sarana atau platform transaksi barang digital yang memiliki biaya murah (67%), dengan kategori barang yang beragam (33%) namun tidak memiliki harga dasar yang mahal (40%). Berdasarkan kebutuhan, masalah, dan keinginan tersebut, Tapp Market membentuk peta nilai yang diharapkan cocok dengan kebutuhan target konsumen yaitu platform aplikasi yang memfasilitasi perdagangan digital dengan harga dasar pulsa yang bersaing (33%) dan memiliki beragam kategori dan jenis barang yang dapat ditransaksikan (29%). Pengujian kecocokan produk-pasar didukung dengan pengujian matriks retensi dan Sean-Ellis Test yang dilakukan untuk mengetahui apakah produk telah mampu untuk tersampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh target konsumen (Olsen, 2015). Hasil pengukuran matriks retensi menunjukkan bahwa 49% agen dari total responden telah menjadi agen Tapp Market aktif selama satu hingga dua tahun terakhir dengan frekuensi deposit lebih dari sekali dalam seminggu pada setiap bulannya (55%) yang kemudian didukung oleh hasil pengujian Sean-Ellis yaitu 57% responden akan merasa kecewa jika aplikasi Tapp Market tidak dapat digunakan lagi.