Pelaksanaan Pelayanan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi Melalui Sistem E-Registration (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)
Main Author: | Hermawati, Vina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165380/1/Vina%20Hermawati.pdf http://repository.ub.ac.id/165380/ |
Daftar Isi:
- Salah satu fungsi utama dan kegunaan pajak antara lain, membiayai pengeluaran pemerintah dan pembangunan. Menciptakan kesejahteraan masyarakat yang adil dan berkelanjutan, tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya Direktorat Jenderal Pajak melakukan reformasi administrasi perpajakan dengan menerapkan e-Goverment. Tujuan penerapan e-Goverment dalam bidang perpajakan ini untuk mempermudah penyelenggaraan pelayanan dengan menggunakan kemajuan teknologi berbasis sistem elektronik. Salah satu penerapannya pada pelayanan permohonan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi melalui sistem e-Registration. Sistem e-Registration merupakan sistem pendaftaran wajib pajak dan pengukuhan pengusaha kena pajak melalui jaringan internet serta terhubung langsung secara online dengan Direktorat Jenderal Pajak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan e-Goverment pada KPP Pratama Malang Selatan serta hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori mengenai indikator penerapan e-Goverment (Indrajit,2005) yang meliputi Content Development,Competency Building, Connectivity, Cyber Law, Citizen Interfaces, dan Capital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang diperoleh dari Kota Malang sebagai lokasi penelitian serta Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan yang menjadi situs penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak Pribadi melalui sistem e-Registration belum berjalan secara optimal hal ini dikarenakan masih banyaknya wajib pajak yang memilih mendaftar melalui manual daripada e-Registration. beberapa Beberapa indikator belum terlaksana secara optimal. Maka rekomendasi penelitian ini adalah memaksimalkan beberapa kegiatan di KPP Pratama Malang Selatan antara lain: peningkatan pelatihan dan pengembangan kompetensi pegawai, peremajaan infrastruktur Informasi dan Komunikasi, dan pemanfaatan sosial media, media cetak, serta kerjasama dengan pihak ketiga sebagai sarana publikasi agar dapat memberikan kemudahan informasi mengenai prosedur, serta pemahaman mengenai sistem e-Registration tersebut.