Pengaruh Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Pengalaman Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Survei pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Banyuwangi)
Main Author: | -, Abiyasa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165366/1/Abiyasa.pdf http://repository.ub.ac.id/165366/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan destinasi wisata sesuai dengan sudut pandang wisatawan yang dapat dilihat dari motivasi eksternal wisatawan untuk berkunjung, sehingga dapat memberikan pengalaman yang baik bagi wisatawan dan membawanya kepada sikap loyal terhadap suatu destinasi wisata. Penelitian ini dilakukan di Banyuwangi sebagai destinasi wisata yang saat ini terus berkembang dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Pengalaman Wisatawan sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research (penelitian penjelasan). Jumlah sampel yang digunakan yaitu 97 responden wisatawan nusantara yang berkunjung ke Banyuwangi dengan teknik accidental sampling (secara kebetulan) namun harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Skala pengukuran dengan menggunakan Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 23 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi Eksternal berpengaruh signifikan terhadap Pengalaman Wisatawan. Motivasi Eksternal tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan. Pengalaman Wisatawan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan. Pengaruh langsung Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan lebih kecil dari pengaruh tidak langsung bila melalui Pengalaman Wisatawan sebagai variabel intervening. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada Pemerintah Daerah Banyuwangi untuk mengembangkan atribut destinasi wisata yang menjadi motivasi wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis berikutnya dengan penambahan variabel-variabel lainnya baik variabel bebas, intervening maupun terikat.