Pengembangan Value Proposition dalam Penetapan Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (Studi pada PT. Bali Pasadena Rattan)

Main Author: Putri, Egy Salma Maretra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165354/1/Egy%20Salma%20Maretra%20Putri.pdf
http://repository.ub.ac.id/165354/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan mengingat pentingnya pemahaman perusahaan dalam menyusun dan membentuk value proposition yang tepat agar nilai yang ditawarkan dapat tersampaikan kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembentukan value proposition pada PT. Bali Pasadena Rattan dapat membantu perusahaan dalam menetapkan strategi segmenting, targeting, dan positioning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan wawancara kepada pengelola PT. Bali Pasadena Rattan di Malang dan Bali, serta konsumen yang menggunakan produk PT. Bali Pasadena Rattan. Fokus penelitian pada penelitian ini meliputi: 1) value proposition yang ditawarkan perusahaan terhadap persepsi konsumen; dan 2) pengembangan value proposition sebagai rumusan dalam merumuskan strategi pemasaran segmenting, positioning, dan targeting pada perusahaan PT. Bali Pasadena Rattan. Hasil penelitian terkait pembentukan value proposition ditemukan bahwa PT. Bali Pasadena Rattan telah mengembangkan 11 elemen value proposition sesuai dengan teori yang diungkapkan Osterwalder dan Pigneur. Namun persepsi konsumen menunjukkan bahwa hanya 8 elemen yang mampu memberikan kepuasan, yaitu elemen sifat baru, penyesuaian, menyelesaikan pekerjaan, desain, merek/status, harga, pengurangan risiko, dan kenyamanan/kegunaan. Sedangkan, elemen lain yang dinilai kurang memberikan kepuasan konsumen diantaranya adalah elemen kinerja, elemen pengurangan biaya, dan kemampuan dalam mengakses. Pembentukan value proposition tersebut untuk membantu penetapan strategi segmenting, targeting, dan positioning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pada elemen harga dan penyesuaian dipilih untuk menciptakan nilai pada strategi segmenting. Pendekatan pada elemen harga dan desain dipilih untuk menciptakan nilai pada strategi targeting. Pendekatan pada elemen merek/status, kinerja, dan desain dipilih untuk menciptakan nilai pada strategi positioning.