Analisis Strategi Bauran Pemasaran dan Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Untuk Mempertahankan Pangsa Pasar (Studi pada Fajar Indah Furniture)

Main Author: Faza, Reva Hasna Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165352/1/Reva%20Hasna%20Nur%20Faza.pdf
http://repository.ub.ac.id/165352/
Daftar Isi:
  • Era globalisasi menuntut perusahaan untuk dapat menunjukkan kompetensinya seiring dengan tingkat persaingan yang semakin kompleks. Perusahaan domestik mulai membuka dirinya dan harus tanggap dengan situasi global untuk dapat bersaing dan mempertahankan pangsa pasarnya di pasar internasional. Strategi yang inovatif sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan dalam perdagangan internasional. Salah satu alternatf perusahaan adalah ekspor yang mana digunakan oleh Fajar Indah Furniture. Fajar Indah melakukan ekspor furniture yang mana merupakan satu komoditas terbesar bagi Indonesia. Fajar Indah Furniture memasuki pasar luar negeri yang mana memiliki cukup banyak kompetitor dalam penjualan produk yang serupa di negara serupa. Fajar Indah Furniture mengekspor produknya ke beberapa negara, seperti Spanyol, Belanda, Inggris, Taiwan, dan masih banyak lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauran pemasaran dan STP yang diimplementasikan Fajar Indah Furniture dalam mempertahankan pangsa pasarnya. Penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk dalam metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memiliki sumber data yang bersifat primer dan juga sekunder, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.. Penelitian ini menggunakan triangulasi data untuk menunjang keabsahan data yang ada, di mana bertujuan untuk menguji kredibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fajar Indah Furniture mengimplementasikan strategi bauran pemasaran dalam mempertahankan pangsa pasar ekspor; strategi produk yang diinovasi melalui permintaan buyers, strategi harga dengan mengurangi kubikasi kayu yang ada, strategi promosi baik online maupun offline dan juga strategi distribusi dalam mengirim produk ke negara buyers. Fajar Indah juga mengimplementasikan strategi STP (segmentimg, targeting, positioning). Segmentasi didasarkan pada demografis dan psikografis, target pasar merujuk pengusaha menengah ke atas, serta positioning mengacu pada inovasi dan diferensiasi produk. Penelitian ini menyimpulkan perlunya peningkatan kualitas produk, peningkatan kerjasama antara supplier dan perusahaan, perluasan pasar ekspor, dan juga riset pasar.