Analisis Preferensi Konsumen Produk Organik (Studi Kasus Di Giant Express Pulosari, Malang)
Main Author: | Saraswati, Voni Lariska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165329/ |
Daftar Isi:
- Produk organik merupakan salah satu jenis produk dimana dalam penanganannya tidak dicampur atau menggunakan bahan kimia sedikit pun. Produk organik pada saat ini sudah cukup banyak dikonsumsi, karena banyak konsumen yang sudah mulai sadar akan kesehatan tubuhnya. Salah satu tempat yang menjual produk organik di Kota Malang adalah Giant ExpressPulosari yang berdiri sejak tahun 2009. Produk organik yang dijual di Giant Express Pulosari ini terdiri dari beras dan sayur (sawi dan pokcoy). Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan konsumennya berdasarkan keputusan pembelian konsumen adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen dan keputusan pembelian terhadap produk organik. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 orang yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk organik di Giant Express Pulosari, Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran dan wawancara kepada konsumen. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan software SPSS 17.0 dan smartPLS 3.2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atribut produk dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap preferensi konsumen dan keputusan pembelian. Preferensi konsumen mampu memediasi hubungan antara atribut produk dan keputusan pembelian. Indikator yang paling berpengaruh pada variabel atribut produk adalah desain kemasan. Indikator paling berpengaruh pada variabel preferensi konsumen adalah harga. Indikator paling berpengaruh pada variabel keputusan pembelian adalah kebutuhan.