Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Inovasi Program “Jebol Anduk” di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)
Main Author: | Putri A, Nike Helny Rizky Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165322/1/Nike%20Helny%20Rizky%20Eka%20Putri%20A.pdf http://repository.ub.ac.id/165322/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa pemerintah wajib melakukan fungsinya sebagai pemerintah yang salah satunya adalah fungsi pelayanan. Pelayanan yang berkualitas selalu menjadi tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan berbagai instansi yang melakuakan pelayanan langsung kepada masyarakat.Upaya perbaikan kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui perubahan sistem,cara atau prosedur melalui program Inovasi yang berorientasi kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten adalah salah satu instansi yang menerapkan inovasi pelayanan melalui Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan “Jebol Anduk”. Penerapan program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan Akta pencatatan sipil kepada masyarakat yang jauh dari pusat pelayanan dengan terjun langsung ke desa-desa sehingga masyarakat tidak perlu pergi ke Kantor untuk mengurus dokumen kependudukan. Program ini telah membawa dampak positif bagi instansi dan juga masyarakat dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu mampu menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi,menganalisa hubungan yang terjadi antar fenomena. Penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu (1) Tahapan atau Proses Inovasi pada Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan yang meliputi tahap Initiation (perintisan) dan tahap Implementation(Implementasi) (2) Faktor Pendukung dan Penghambat inovasi program Jemput Bola Administrasi Kependudukan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Progam Jemput Bola Administrasi Kependudukan ini telah melewati tahapan atau proses Inovasi sehingga dapat dijadikan rujukan bagi instansi lain untuk melakukan program inovasi serupa. Faktor Pendukung inovasi Program “Jebol Anduk” ini antara lain Pengembangan kepemimpinan, Jaringan Inovasi, kerja tim dan kemitraan dan budaya inovasi sedangakn Faktor penghambat yaitu tekanan dan hambatan administratif dan keterbatasan saranan dan parasarana.