Pengaruh Experiential Marketing dan Customer Satisfaction Terhadap Word of Mouth (WOM)

Main Author: Kurniawan, Arsya Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165300/1/Arsya%20Fajar%20Kurniawan.pdf
http://repository.ub.ac.id/165300/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menjelaskan pengaruh experiential marketing dan customer satisfaction terhadap wordof mouth (WOM) pada pengguna scooter vespa di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna scooter vespa yang ada di Kota Malang. Sebanyak 115 orang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan analisis inferensial yaitu analisis jalur dan uji hipotesis. Hasil analisis penelitian penelitian menunjukkan bahwa variabel experiential marketing mempunyai pengaruh signifikan dan berpengaruh positif terhadap customer satisfaction yaitu sebesar 0,806. Variabel customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth sebesar 0,373. Variabel experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth yaitu sebesar 0,378. Berdasarkan penghitungan dalam mencari pengaruh secara tidak langsung, dapat disimpulkan bahwa pengaruh secara tidak langsung antara experiential marketing terhadap word of mouth melalui customer satisfaction lebih kuat dibandingkan dengan pengaruh secara langsung.