Implementasi SAMSAT Payment Point dalam Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi pada SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang)

Main Author: Rizki, Mutiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165267/1/Mutiah%20Rizki.pdf
http://repository.ub.ac.id/165267/
Daftar Isi:
  • Bentuk upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan pajak kendaraan bermotor yang meliputi pelayanan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di tempat-tempat pusat keramaian yang mudah diakses masyarakat. Layanan unggulan SAMSAT Payment Point memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yaitu dengan meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya bagi masyarakat pengguna jasa layanan; mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap biro jasa atau calo; menjamin adanya kepastian waktu dan transparansi biaya pelayanan serta membagi beban tugas pelayanan yang semula terkonesnterasi pada Kantor Bersama SAMSAT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis data model Miles, M.B., A. Michael Huberman dan Johny Saldana. Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian, yakni: 1. Implementasi Layanan SAMSAT Payment Point dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota Malang serta 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi layanan SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang. Hasil penelitian ini mendeskripsikan SAMSAT Payment Point dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota Malang, upaya yang dilakukan dalam layanan ini berupa penyederhanaan syarat pembayaran pajak kendaraan bermotor, penyederhanaan mekanisme pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan layanan unggulan SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang meliputi kinerja serta kerjasama yang baik oleh para sumber daya penyedia layananSAMSAT Payment Point, pos layanan SAMSAT Payment Point yang mudah dijangkau dan lokasi layanan yang strategis sementara faktor penghambat yaitu fasilitas yang masih kurang baik, terbatasnya jenis pelayanan yang diberikan serta pengetahuan masyarakat yang masih terbatas mengenai SAMSAT Payment Point Alun-Alun Kota Malang.