Penerapan Target Costing Dalam Upaya Peningkatan Keuntungan Keripik Tempe Berbasis Online Pada Umkm Lesti , Kota Malang, Jawa Tim
Main Author: | Sinatrya, Yogi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165259/1/Yogi%20Sinatrya.pdf http://repository.ub.ac.id/165259/ |
Daftar Isi:
- Persaingan industri olahan makanan dalam bidang pertanian kini semakin ketat. Perusahaan perlu menjaga harga yang kompetitif agar dapat tetap bersaing dengan perusahaan lain. Pelaku bisnis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam upaya tetap bertahan dalam persaingan bisnis. Salah satu cara yaitu dengan menggunaan teknologi pemasaran secara online dapat membatu perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan untuk pencapaian target profit perusahaan. Selain teknologi pemasaran cara lain yang dapat digunakan oleh perusahaan agar dapat bersaing yaitu dengan mengendalikan biaya produksi. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain: (1) mengambarkan pemasaran online dan pemasaran konvensional di perusahaan; (2) menganalisis biaya produksi dan laba menggunakan metode standard costing dan target costing di perusahaan; dan (3) menganalisis perbandingan biaya produksi dan laba dengan menggunakan metode standard costing dan metode target costing di perusahaan. Metode penentuan lokasi penelitian terletak di UMKM Lesti yang beralamat di Jl. Lesti 1 no 44, Kota Malang , Jawa Timur pada bulan September hingga Desember 2018. Terkait penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian adalah pemilik dan pengelola perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan pada penelitian ini, antara lain adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diantara nya meliputi analisis metode standard costing, analisis metode target costing, serta analisis komparatif standard costing dan target costing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada perhitungan biaya menggunakan metode standard costing, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk satu kemasan adalah Rp. 6.165,5. Hal tersebut berbeda dengan hasil perhitungan biaya dengan menggunakan target costing yang dapat menekan biaya perkemasan menjadi sebesar Rp. 5.415. Hasil perhitungan dengan metode standard costing menghasilkan laba sebesar 22,9% sedangkan dengan penerapan metode target costing dengan melakukan rekayasa nilai pada biaya bahan baku , biaya tenaga kerja, biaya kemasan, dan biaya listrik sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan sebesar 32,3%. Nilai tersebut lebih besar dibandingkan laba yang selama ini diterima oleh perusahaan dan telah melebihi target profit yang diinginkan perusahaan yaitu sebesar 25%. Tahap rekayasa nilai pada penelitian ini dapat dilakukan pada beberapa komponen biaya seperti biaya tenaga kerja langsung, biaya kemasan, biaya bahan baku, biaya listrik, dan menambah media pemasaran melalui Instagram, Line, Tokopedia dan e-commerce lainnya.