Analisis Kepuasan Konsumen Produk Fresgurt Berdasarkan Aspek Marketing Mix Dan Dimensi Kualitas (Studi Kasus Di Cv. Brawijaya Dairy Industry, Junrejo, Batu)
Main Author: | Putra, Alfiansyah Primananda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165228/ |
Daftar Isi:
- Produk Fresgurt merupakan produk olahan dari susu sapi segar yang memiliki variasi rasa dan bentuk. Produk Fresgurt diproduksi oleh CV. Brawijaya Dairy Industry. Produk Fresgurt ini memiliki harga yang terjangkau sehingga dapat diperoleh oleh semua kalangan. Salah satu outlet yang menjual produk Fresgurt terdapat di Bakery Teknologi Hasil Pertanian Universitas Brawijaya, Malang. Konsumen paling banyak yaitu mahasiswa yang sering mengkonsumsi produk tersebut. Akan tetapi, masih belum diketahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap produk Fresgurt. Penelitian analisis kepuasan konsumen didasarkan pada dua aspek yaitu marketing mix dan dimensi atribut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA), dengan menentukan jumlah responden sebanyak 70 orang. Berdasarkan hasil input data dari 70 responden maka didapatkan hasil pada Importance Performance Analysis pada rata-rata tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat harapan sebesar 89,9%. Pada hasil rata-rata tingkat kesesuaian yang didapatkan dari hasil rata-rata-seluruh atribut pada tingkat kinerja dan tingkat harapan diperoleh hasil 3,9 pada tingkat kinerja (X) dan 4,3 pada tingkat harapan (Y). Proses selanjutnya yaitu menentukan dan mengelompokkan atribut-atribut apa saja yang masuk kategori kuadran I, kuadran II, kuadran III dan kuadran IV pada diagram kartesius. Pada proses pembuatan diagram kartesius ditentukan titik tengahnya yaitu 3,9 dan 4,3. Adapun dua faktor yang masuk kategori IV yaitu harga yang viii diterima sesuai dengan manfaat dan rasa produk yang manis, hal itu membuktikan bahwa atribut ini berlebihan atau berada pada tingkat kinerja dan harapan yang rendah sehingga bisa ditingkatkan kembali untuk memperbaiki kepuasan konsumen. Sedangkan Customer Satisfaction Index digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh. Perhitungan pada Customer Satisfaction Index diperoleh hasil sebesar 0,89%. Hasil perhitungan tersebut diperoleh dari pembagian hasil dari total nilai Weight Score dibagi HS (5 x total rata-rata tingkat harapan) kemudian dikalikan 100%. Hasil ini membuktikan bahwa tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh berada pada rentang 0,61-0,80 yang berarti konsumen merasa sangat puas terhadap kualitas kinerja CV. Brawijaya Dairy Industry.