Analisis Pemasaran Produk Pertanian Secara Online Dan Konvensional (Studi Kasus Di Toko Online Agrowing)

Main Author: Putra, Martin Priyono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165211/1/Martin%20Priyono%20Putra.pdf
http://repository.ub.ac.id/165211/
Daftar Isi:
  • Perkembangan generasi saat ini ditandai dengan peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Perkembangan generasi saat ini memicu penggunaan media online setiap hari oleh berbagai kalangan. Media online merupakan salah satu media penjualan atau pemasaran dalam berbagai produk. Salah satu produk yang dijual melalui media online adalah produk pertanian. Toko Online Agrowing merupakan salah satu website di Indonesia yang bergerak di bidang penjualan online atau toko online di bidang agribisnis. Toko Online Agrowing merupakan e-commerce agribisnis Indonesia. Toko Online Agrowing menyediakan berbagai produk untuk keperluan rumah tangga serta bisnis. Toko Online Agrowing menyediakan produk segar berkualitas yang sudah melalui tahap verifikasi. Beragam produk inovasi agribisnis juga disediakan oleh Toko Online Agrowing. Tujuan dari Toko Online Agrowing adalah membantu memutus rantai panjang distribusi produk dari petani ke konsumen. Konsumen hanya perlu berduduk santai dan berbelanja dengan melakukan satu klik saja. Tujuan dari penelitian ini antara lain menganalisis trend perkembangan transaksi online dan konvensional Toko Online Agrowing, mendeskripsikan jenis produk yang dipasarkan oleh Toko Online Agrowing, dan menganalisis pemasaran dan produk pilihan secara online dan konvensional Toko Online Agrowing. Metode analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif dan koefisien variasi. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis trend perkembangan transaksi online dan konvensional, mendeskripsikan jenis produk yang dipasarkan, dan menganalisis pemasaran dan produk pilihan secara online dan konvensional Toko Online Agrowing. Koefisien variasi digunakan untuk menganalisis trend perkembangan transaksi online dan konvensional Toko Online Agrowing dilihat dari jumlah pengunjung, jumlah konsumen, dan volume transaksi. Hasil penelitian antara lain Toko Online Agrowing mempunyai nilai dari koefisien variasi trend perkembangan transaksi online dilihat dari pengunjung sebesar 58 %, dilihat dari jumlah konsumen sebesar 72 %, dan dilihat dari volume transaksi sebesar 79 %. Sedangakan nilai dari koefisien variasi trend perkembangan transaksi konvensional dilihat dari jumlah konsumen sebesar 172 % dan dilihat dari volume transaksi sebesar 212 %. Jika dilihat dari nilai koefisien variasi dari keduanya, dapat disimpulkan bahwa trend perkembangan transaksi online lebih baik dibandingkan dengan trend perkembangan transaksi konvensional. Hal ini dikarenakan Toko Online Agrowing lebih mengutamakan pemasaran online dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Hal ini berkaitan dengan tujuan utama dari Toko Online Agrowing, yaitu memasarkan produk pertanian secara online. Toko Online Agrowing melakukan penjualan pada 3 jenis produk utama, antara lain produk unggulan Indonesia, produkinovasi, dan produk edukasi. Toko Online Agrowing memasang harga yang bervariasi berdasarkan jenis produknya. Beberapa produk memiliki harga yang sering berubah, seperti pada produk buah-buahan dan sayuran. Toko Online Agrowing mempunyai 2 cara pemasaran produk yaitu pemasaran online dan konvensional. Pemasaran online menggunakan website agrowing.co.id, sedangkan pemasaran konvensional menggunakan 2 strategi pemasaran yaitu pertama dengan pre order dan kedua dengan promosi. Strategi promosi dilakukan dengan 2 cara yaitu promosi langsung kepada calon konsumen dan mengikuti bazar pertanian. Selanjutnya, untuk produk pilihan konsumen pada pemasaran online adalah makanan dan minuman. Sedangkan untuk produk pilihan konsumen pada pemasaran konvensional melalui pree order adalah hewan kurban dan untuk promosi adalah bera