Analisis Pengaruh Desain Kemasan Click And Go Air Mineral Aqua Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen

Main Author: Wicaksono, M. Ilham
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165203/
Daftar Isi:
  • Air mineral dalam kemasan merupakan salah satu produk yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Perkembangan bisnis air mineral dalam kemasan saat ini semakin tinggi. Hal ini ditandai dengan banyaknya merek air mineral dalam kemasan. Aqua mengeluarkan inovasi kemasan click and go pada produk air mineral dalam kemasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterkaitan desain kemasan terhadap keputusan pembelian pada air mineral kemasan click and go Aqua di Kota Malang dan mengetahui keterkaitan antara keputusan pembelian dan loyalitas konsumen pada produk kemasan click and go air mineral dalam kemasan Aqua. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Square dengan variabel bebas yaitu tutup, bentuk dan ukuran. Variabel terikat yang digunakan pada penelitian kali ini adalah keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisikan oleh responden yang pernah mengkonsumsi air mineral dalam kemasan click and go Aqua. Hasil penelitian pada desain kemasan click and go air mineral Aqua menunjukkan tutup kemasan, bentuk kemasan dan ukuran kemasan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan keputusan pembelian berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Pada uji hipotesis tutup kemasan dan ukuran kemasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kosumen, sedangkan bentuk kemasan tidak berpengaruh signifikan. Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.