Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Ukm Sari Apel Brosem Kota Batu
Main Author: | Yekusamon, Yustus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/165124/ |
Daftar Isi:
- Salah satu elemen manajemen pemasaran yang tidak dapat terpisah darielemen-elemen lain adalah distribusi yang termasuk dalambauranpemasaran selain produk,harga, promosi, danpenjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat pada perusahaan dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi perusahaan. UKM sari apel Brosem merupakan produsen sari apel kemasan dan yang telahdidistribusikan di Jawa dan Bali. Perusahaan ini menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran tidak langsung. Saluran distribusi langsung yaitu pihak UKM langsung menjual di Toko. Saluran distribusi tidak langsung yaitu pihak UKM mendistribusikan produknya via pickup untuk dalam kota dan via ekspedisi untuk luar kota area jawa dan Bali. Selama ini, analisis saluran distribusi pada perusahaan ini belum dilakukan, sedangkan perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan menambah distributor. Di sisi lain, perusahaan selalumenginginkan volumepenjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan membandingkan analisis efisiensi biaya distribusi dengan nilai penjualan antar saluran dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien menggunakan saluran distribusi tidak langsung yaitu dengan persentase 3,28%, dan persentase ROI sebesar 337,04%