Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Keripik Tempe Di Kota Malang

Main Author: Floridha, Fudhita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165095/
Daftar Isi:
  • Kota Malang merupakan kota yang berkembang pesat dengan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita tertinggi ketiga di Jawa Timur. UMKM sektor industri dan perdagangan menyumbang 39% dari total PDRB Kota Malang. Salah satu UMKM yang menyumbang PDRB terbesar ialah Sanan yang berfokus pada sektor agroindustri keripik tempe. Berkembangnya usaha keripik tempe di Sentra UMKM Sanan dari tahun ke tahun turut memperketat persaingan antar UMKM yang tidak dapat dihindari. Untuk tetap bertahan dalam persaingan penjualan keripik tempe antar UMKM, diperlukan strategi yang tepat dengan cara meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat ditingkatkan melalui kualitas produk dan harga produk. Sentra UMKM Keripik Tempe Sanan membawahi 135 UMKM yang digolongkan menjadi 56 usaha skala mikro, 69 usaha skala kecil, dan 10 usaha skala menengah. Penentuan sampel UMKM menggunakan metode proportional stratified random sampling. Penentuan sampel responden menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 160 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner yang dirancang dalam bentuk skala likert. Data yang telah diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian statisik menunjukkan tujuh hipotesis pada penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan. Hipotesis pertama menunjukkan adanya pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, dimana makin baik kualitas produk maka kepuasan konsumen makin tinggi. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dimana makin tinggi kepuasan konsumen maka loyalitas konsumen makin tinggi. Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa harga produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dimana makin sesuai harga produk maka kepuasan konsumen makin tinggi. Hipotesis keempat menunjukkan adanya pengaruh harga produk terhadap loyalitas konsumen, dimana makin sesuai harga produk maka loyalitas konsumen makin tinggi. Hipotesis kelima menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen, dimana makin baik kualitas produk maka kepuasan konsumen makin tinggi, yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen. Hipotesis keenam menunjukkan bahwa harga produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen, sehingga makin wajar harga produk maka kepuasan konsumen makin tinggi, yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen. Hipotesis ketujuh menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dimana makin tinggi kepuasan konsumen maka loyalitas konsumen makin tinggi