Pengaruh Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Pangan (Studi Pada Hypermart Lippo Plaza Batu)

Main Author: Fachyar, Nadia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/165001/
Daftar Isi:
  • Hypermart merupakan ritel asli Indonesia yang memiliki banyak cabang di Indonesia, salah satunya yaitu berada di Lippo Plaza Batu. Hypermart merupakan ritel yang ingin menjadi No. 1 Multi Format Food Retail di Indonesia sehingga mayoritas produk yang dijual adalah produk pangan. Agar dapat bersaing dengan peritel lain, maka Hypermart memerlukan adanya strategi harga. Penetapan harga yang tepat merupakan salah satu strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan agar dapat menarik minat beli konsumen dan mewujudkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi harga terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Sampel dari penelitian ini yaitu konsumen di Hypermart Lippo Plaza Batu yang minimal pernah membeli produk pangan. Jumlah responden yang dipilih yaitu sebanyak 100 orang konsumen. Pada penelitian ini digunakan metode Partial Least Square (PLS) yang merupakan teknik analisis untuk memproyeksikan hubungan linier antar variabel-variabel pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga ganjil, harga diskon, dan harga paket berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan pengaruh dominannya yaitu harga diskon dengan nilai jalur sebesar 0,236. Variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu harga ganjil dengan nilai jalur sebesar 0,161.