Analisis Business Model Canvas Pada Atabali Dengan Menggunakan Pendekatan Kerangka Kerja Empat Langkah Blue Ocean Strategy

Main Author: Krisnawan, Kadek Anggi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164993/1/KADEK%20ANGGI%20KRISNAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/164993/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model binis kanvas yang dijalankan oleh Atabali untuk memperoleh model bisnis yang baru melalui kerangka kerja empat lengkah (hapuskan, kurangi, ciptakan, tingkatkan) yang dimiliki oleh Blue Ocean Strategy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil dari analisis diketahui bahwa Atabali sebagai pemain dalam industri ekspor tas ata dan rotan sedang berada di red ocean. Oleh karena itu, inovasi nilai diperlukan oleh Atabali agar dapat menciptakan posisi yang strategis di dalam sebuah industri. Dari model bisnis Atabali yang baru dapat dilihat bahwa Atabali lebih baik tidak melanjutkan penjualan dalam negeri, dan lebih fokus bergerak sebagai whole seller tas ata dan ratan yang mengedepankan kualitas produk dan layanannya bagi pelanggan-pelanggan internasional, dengan penciptaan inovasi-inovasi jenis produk baru secara berkala, yang tidak terlepas dari evaluasi dan peningkatan pada elemen-elemen lainnya seperti elemen saluran, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, hingga kemitraan utama. Hal tersebut merupakan inovasi nilai yang dapat ditawarkan dan sebagai suatu langkah strategis bagi Atabali untuk menempatkan bisnis di suatu posisi strategis yang berbeda dari yang lain.