Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Es Krim Aice Menggunakan Metode Pls (Partial Least Square) Di Kota Malang
Main Author: | Malau, Gloria Elizabeth |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164944/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan bisnis es krim di Indonesia saat ini sangat pesat dengan persaingan yang juga semakin ketat. Berbagai merek es krim dari perusahaan yang berbeda dapat dengan mudah kita jumpai di pasar dan semakin banyak pula pilihan es krim untuk di konsumsi konsumen. Di Kota Malang akhir-akhir ini, mulai bermunculan produk es krim yang baru. Salah satunya adalah produk es krim Aice. Munculnya es krim Aice menyebabkan meningkatnya persaingan antar produk es krim satu dengan produk es krim lainnya ,sehingga para pelaku usaha mencari cara yang dapat dijadikan sebagai keunggulan dalam persaingan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mampu bersaing adalah mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga,citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian terhadap es krim Aice, dan pengaruh minat beli memediasi variabel harga, citra merek, kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan variabel harga (X1), Citra merek (X2), kualitas produk (X3) terhadap minat beli (Y1) dan keputusan pembelian (Y2), dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk es krim Aice dalam enam bulan terakhir di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran dan wawancara kepada konsumen. Pengolahan data menggunakan metode PLS (Partial Least Square). vii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga (X1), citra merek (X2) dan kualitas produk (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli (Y1) dan keputusan pembelian (Y2). Variabel minat beli (Y1) mampu memediasi hubungan antara variabel harga (X1), citra merek (X2) dan kualitas produk (X3) terhadap keputusan pembelian (Y2). Variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel kualitas produk (X3).