Implementasi Model Resource-based View Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing (Studi Kasus UMKM Agroindustri Pangan di Kota Batu)
Main Author: | Murti, Adetya Surya Kresna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164940/ |
Daftar Isi:
- UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki kontribusi besar dalam perekonomian di Indonesia. Satu kota di Provinsi Jawa Timur berpotensi dalam bidang pertanian yaitu memiliki sumberdaya alam yang berlimpah seperti buah-buahan dan sayuran adalah kota Batu. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak masyarakat Kota Batu menjadikan usaha pengolahan makanan dan minuman sebagai tumpuan masyarakat sebagai sumber pendapatan. Ketatnya angka persaingan, UMKM dituntut untuk mengerti dan memahami kondisi lingkungan agar mampu bersaing secara kompetitif dengan usaha lain. Upaya pembentukan keunggulan kompetitif yaitu dengan peningkatan kinerja usaha. Kinerja usaha ini dapat dicapai dengan meningkatkan nilai sumber daya strategis serta mampu berorientasi pasar dengan baik. Agar dapat mencapai kinerja usaha yang baik, suatu usaha harus memperhatikan performa produk dengan memperhatikan ketidakpastian lingkungan atau kondisi eksternal dari UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumberdaya strategis dan orientasi pasar terhadap performa produk dan kinerja usaha pada UMKM Agroindustri Pangan di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pemodelan struktural dengan sampel yaitu UMKM Agroindustri pangan di Kota Batu yang telah berdiri minimal 2 tahun terakhir. Jumlah sampel adalah 85 UMKM yang terdiri dari 52 usaha mikro, 28 usaha kecil dan 5 usaha menengah. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan software SPSS 20 dan statistik inferensial dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh sumberdaya strategis terhadap performa produk dan kinerja usaha, serta orientasi pasar terhadap kinerja usaha berpengaruh vii positif dan signifikan. Disamping itu performa produk memediasi parsial hubungan antara orientasi pasar dan sumberdaya strategis terhadap kinerja usaha dan ketidakpastian lingkungan mampu memoderasi hubungan antara sumberdaya strategis dengan kinerja usaha serta hubungan antara performa produk dan kinerja usaha.