Perempuan dan Games Online (Studi etnografi virtual tentang pembentukan identitas female gamers Player Unknown's Battle Grounds (PUBG))
Main Author: | Hutabarat, Viorenita Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164928/1/Viorenita%20Widya%20Hutabarat.pdf http://repository.ub.ac.id/164928/ |
Daftar Isi:
- Saat ini, game online sedang menjadi tren di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari komunitas game online yang mencapai 6.000.000 lebih pengguna (Falamartha, 2013) dan sebanyak 43,7 juta gamers pada tahun 2017 di Indonesia (Osborn, New Zoo, 2017). Di dalam dunia game online juga dapat tercipta pembentukan identitas diri melalui percakapan atau interaksi yang dilakukan oleh para pemain game online tersebut, seperti chatting, gaming, maupun transactioning (Friono, 2013). Game juga lebih banyak diminati oleh laki-laki daripada perempuan dikarenakan game itu sendiri dianggap sebagai aktivitas maskulin atau terbatas sebagai hiburan untuk laki-laki. Selain itu, game juga menyinggung perempuan karena karakter perempuan dalam game kerap kali digambarkan sebagai objek yang menggunggu penyelamatan laki-laki dan objek tatapan laki-laki (Bryce & Rutter, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan identitas female gamers dalam permainan Player Unknown's Battle Grounds (PUBG). Penelitian ini menggunakan metode studi etnografi virtual dengan melakukan online interview dengan 4 orang female gamers yang juga merupakan seorang youtuber dan melakukan observasi melalui video yang diunggah oleh female gamers di Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya sekalipun Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) identik dengan permainan laki-laki, namun gamers perempuan tetap membentuk identitas virtual mereka sebagai perempuan dan memperhatikan penampilannya. Penelitian ini memberikan padangan bahwa game online tidak lagi dianggap sebagai aktivitas maskulin atau terbatas sebagai hiburan untuk laki-laki. Namun saat ini perempuan juga dapat terlibat dalam game online dan perempuan juga cukup tertarik dengan game online.