Pengaruh Penempatan Produk “Etude House” Dalam Drama Korea“To The Beautiful You” Terhadap Minat Beli (Studi Pada Pengikut Facebook To The Beautiful You Indonesia)

Main Author: Michelle, Elena
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164849/1/Elena%20Michelle.pdf
http://repository.ub.ac.id/164849/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat tentang pengaruh penempatan produk pada tayangan serial drama terhadap minat pembelian. Penempatan produk adalah salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran yang sudah banyak dipakai oleh perusahaan dalam mempromosikan produk. Terdapat berbagai macam media yang dipakai untuk melakukan penempatan produk, salah satunya adalah media berupa tayangan serial drama. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penempatan produk yang dilakukan oleh Etude House dalam serial drama Korea berjudul To The Beautiful You terhadap minat beli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penempatan produk yang dilakukan oleh Etude House dalam drama Korea berjudul To The Beautiful You terhadap minat beli. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori penempatan produk dari Russel, dan Gupta & Lord serta teori minat beli yang dikemukakan oleh Ferdinand. Sementara itu, populasi dalam penelitian ini adalah pengikut facebook To The Beautiful You Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode riset survei. Data primer didapatkan dari hasil kuesioner yang disebarkan secara online kepada responden, yaitu pengikut di facebook To The Beautiful You. Sementara itu teknik pengambilan sampel berdasarkan pada available sampling/convenience sampling. Responden dalam penelitian ini terdiri dari wanita dengan usia 16-35 tahun dengan latar belakang status yang berbeda. Hasil dalam penelitian ini, penempatan produk yang dilakukan oleh Etude House dalam drama Korea To The Beautiful You memberikan pengaruh positif pada minat beli responden.