Strategi Pemilihan Endorser Sebagai Promotion Tools Pemasaran Online Shop Di Instagram (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Penggunaan Akun Instagram @D_Kadoor Sebagai Endorser Produk Kecantikan Di Instagram)
Main Author: | Ashari, Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164846/1/Arif%20Ashari.pdf http://repository.ub.ac.id/164846/ |
Daftar Isi:
- Berawal dari media konvensional yang dahulu orang-orang hanya beriklan melalui media cetak, media radio, baliho-baliho serta televisi, sekarang akibat berkembangnya teknologi, lebih banyak media untuk beriklan, misalnya saja menggunakan media internet seperti melalui media sosial facebook, twitter, ataupun instagram. Penggunaan media online seperti instagram, dapat digunakan sebagai media beriklan yang bertujuan untuk menyasar kalangan konsumen yang melek akan teknologi. Perkembangan media online untuk memasarkan produk juga didukung oleh beragamnya variasi produk yang bisa diiklankan di dalamnya. Secara sederhana pengertian periklanan dapat diidentifikasikan sebagai bentuk presentasi promosi non-personal yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas (Kotler dan Keller, 2007, h.97).Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif oleh Creswell (2010). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam pemilihan endorser @d_kadoor, online shop melihat kredibilitas @d_kadoor menjadi aspek utama dalam pemilihan sebuah endorser. endorser @d_kadoor dianggap memiliki kredibilitas yang bagus meskipun dirinya bukan pengguna produk-produk yang diendorsekan di kehidupan sehari-hari. Jumlah pengikut dan daya tarik konten yang dimiliki oleh endorser @d_kadoor yakni daya tarik humor juga menjadi pertimbangan online shop untuk memilih dia sebagai endorser produk perlengkapan wanita mereka karena hal tersebut dianggap sebagai pembeda dan cara mempersuasi konsumen yang unik.