Pelayanan Publik Berbasis E-Government Melalui Program Singo, (Studi Kasus Pada Kelurahan Sawojajar Kec. Kedungkandang Kota Malang)

Main Author: Al Fahry, Thiko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164821/1/Thiko%20Al%20Fahry.pdf
http://repository.ub.ac.id/164821/
Daftar Isi:
  • E-government menjadi sangat populer sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). E-government (e-gov) intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien. Program SINGO menjadi salah satu inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Kelurahan Sawojajar Kota Malang. Layanan SINGO adalah layanan masyarakat berbasis internet. Lewat aplikasi tersebut masyarakat, staf kelurahan maupun lurah bisa memantau seluruh berkas surat yang masuk ke kelurahan. Sehingga dari inovasi layanan ini diharapkan mempermudah pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Masyarakat yang memerlukan maupun mengurus keperluan surat menyurat di kelurahan tinggal melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan E-government melalui program SINGO di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Mengetahui faktor pendukung di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dalam mewujudkan kebijakan E-government melalui program SINGO. Mengetahui faktor penghambat di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dalam kebijakan E-government melalui program SINGO. Penelitian ini menggunakan dasar teori dari Budi Riyanto sebagai konsep pelayanan digital mengenai e government. Teori yang difokuskan pada tersedianya aplikasi e government yang mendukung pelayanan publik utamanya kepada efisiensi dan informasi pelayanan. Hasil penelitian diketahui pelaksanaan program SINGO di kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang selain untuk pelayanan kepada masyarakat, juga untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Peran sistem infomasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan publik adanya kekurangan dalam penyampaian informasi di Kantor Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Faktor pendukung dari pelaksanaan program SINGO di kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu tersedianya perangkat keras maupun perangkat lunak aplikasi SINGO. Sedangkan faktor penghambat adalah masalah kesadaran dan paradigma berfikir masyarakat terhadap pelayanan berbasis digital. Faktor penghambat kedua adalah lambatnya koneksi jaringan internet, listrik yang sering mati sehingga pekerjaan jadi tertunda. Faktor penghambat kedua adalah sumber daya manusia. Dimana perangkat RT dan RW belum dimaksimalkan kinerjanya karena penguasaan yang rendah terhadap teknologi seperti komputer dan perangkat lainnya.