Pengaruh Kemasan, Harga, Dan Inovasi Produk Pt. Hm Sampoerna, Tbk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Perokok Di Lingkungan Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Rahwandi, Angga Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164765/1/ANGGA%20TRI%20RAHWANDI.pdf
http://repository.ub.ac.id/164765/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemasan baik dari segi tampilan ataupun kegunaannya dan harga produk rokok saat ini terhadap keputusan pembelian konsumen. Juga mengetahui seberapa besar pengaruh inovasi produk rokok baru dari PT. HM Sampoerna, Tbk terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk. Isu dan fenomena seputar industri rokok terutama yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah terhadap industri rokok di Indonesia akan selalu menarik untuk dibahas apalagi untuk dijadikan sebuah penelitian. Peraturan seputar tampilan kemasan rokok, dan kenaikan pajak industri rokok yang mempengaruhi harga diharapkan dapat menekan jumlah perokok aktif di Indonesai. Sedangkan di sisi lain, strategi perusahaan rokok dengan memunculkan produk rokok baru diharapkan dapat memberi peluang agar industri rokok dapat tetap bertahan dan berkembang dengan segala pro dan kontranya. Variabel pada penelitian ini adalah kemasan, harga, dan inovasi produk sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian konsumen sebagai variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data diperoleh dengan cara menyebar kuisioner kepada 150 responden sebagai sampel perwakilan dari keseluruhan populasi perokok di lingkungan Universitas Brawijaya. Adapun penulis juga memperoleh data sekunder yang didapat melalui berbagai artikel, jurnal, dan berita yang berkaitan dengan industri rokok di Indonesia. Pengukuran nilai item pernyataan dalam kuisioner menggunakan skala likert dengan skor 1-5. Masing-masing variabel diukur menggunakan kadar ukuran yang berbeda dengan kemasan (X1) menggunakan 10 indikator, harga (X2) menggunakan 7 indikator, inovasi produk (X3) menggunakan 7 indikator, dan keputusan pembelian (Y) menggunakan 8 indikator. Alat uji yang digunakan antara lain uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Ketiga uji tersebut menyatakan data valid, dapat diandalkan dan terdistribusi secara normal sehingga data layak untuk diteliti lebih lanjut. Uji hipotesis dilakukan untuk menguji hipotesis secara parsial dan dominan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh jika ketiga variabel (kemasan, harga, dan inovasi produk) masing-masing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen dengan harga sebagai variabel yang berpengaruh paling domina