Evaluasi Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Keripik Apel Pada UD Ramayana Agro Mandiri Kota Batu
Main Author: | Siallagan, Alfrits Angga Tiur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164724/ |
Daftar Isi:
- Distribusi termasuk dalam bauran pemasaran yang sangat penting selain produk, harga, promosi, dan penjualan. Pemilihan saluran distribusi yang tepat dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk dan memberikan hasil optimal bagi UKM. UD Ramayana Agro Mandiri merupakan produsen keripik apel dalam kemasan yang telah memasarkan produknya hingga area Jawa dan Bali. UD Ramayana Agro Mandiri menggunakan 2 tipe saluran distribusi dengan cara pemasaran yang berbeda dalam menyalurkan dan memasarkan produk. Pada distribusi pemasaran via kendaraan pihak UKM menjual produknya langsung ke distributor area Malang Raya. Sedangkan untuk distribusi pemasaran via ekspedisi, pihak UKM mendistribusikan produknya ke distributor untuk pengiriman ke luar kota. Selama ini, analisis saluran distribusi pada UKM belum dilakukan, sedangkan UKM ingin mengembangkan bisnisnya dengan membuka outlet sendiri di kota Batu. Di sisi lain, UKM selalu menginginkan volume penjualan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menentukan saluran distribusi mana yang lebih efisien serta saluran distribusi mana yang memberikan laba tertinggi dalam upaya meningkatkan volume penjualan yang bisa menjadi masukan informasi bagi perusahaan untuk menentukan strategi distribusi pemasaran kedepannya. Analisis saluran distribusi dilakukan dengan analisis efisiensi biaya distribusi dan analisis estimasi return of invesment (ROI) menghitung laba terbesar antar saluran dihitung dari biaya distribusi. Hasil Analisis menunjukkan bahwa distribusi yang paling efisien mengunakan saluran distribusi langsung dengan pemasaran via Ekspedisi yaitu 3,89% dan ROI sebesar Rp. 4.1664.766.000.