Analisis Semiotika Terhadap Nilai Tanda “Cerah Alami” Pada Produksi Kecantikan Iklan Clean And Clear Versi 1000 Suku Indonesia

Main Author: Destiana, Nadia Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164577/7/Nadia%20Rizky%20Destiana.pdf
http://repository.ub.ac.id/164577/
Daftar Isi:
  • Setiap negara memiliki anggapan yang berbeda-beda mengenai standar kecantikan sendiri. Di Indonesia standar kecantikan perempuan sudah ada sejak zaman Jawa kuno, Tanpa disadari standarisasi dari kecantikan yang berdasarkan warna kulit putih dalam iklan telah menimbulkan kesadaran palsu di masyarakat, Kesadaran palsu pada masyarakat yang membentuk konstruksi bahwa perempuan cantik yang memiliki kulit berwarna putih berusaha dirubah oleh produk Clean and Clear melalui iklan Clean and Clear versi 1000 suku Indonesia. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis makna kecantikan melalui nilai tanda “Cerah Alami” dalam iklan produk Clean and Clear versi 1000 suku Indonesia Peneliti menggunakan analisis semiotik sebagai analisis dasar penelitian. Analisis semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan meberikan makna-makna terdapat lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang pesan atau teks. Peneliti memilih semiotika Roland Barthes dikarenakan model semiotik ini memiliki makna denotasi dan konotasi yang akan memudahkan peneliti dalam menganalisis iklan Clean and Clear Versi 1000 Suku Indonesia Iklan Clean and Clear Versi 1000 Suku Indonesia menggunakan konsep make-up no make-up dalam iklan, untuk mendapat kulit yang cerah dengan make up seolah-olah dapat membuat mereka menjadi lebih cantik dengan nuansa make up berwarna brown, orange dan pink yang diaplikasikan sesuai dengan warna kulit para aktor. Penelitian ini memberikan makna denotasi bahwa remaja perempuan yang memiliki suku yang berbeda-beda dan memiliki warna kulit yang beragam namun percaya diri dan tetep ceria dengan warna kulit yang mereka miliki. Dan memiliki makna konotasi yaitu memberikan informasi dan kesadaran bahwa cantik itu tidak harus memilki kulit berwarna putih serta memiliki mitos bahwa iklan Clean and Clear versi 1000 suku Indonesia ini menunjukan bahwa perempuan berkulit putih,kuning langsat, sawo matamg dan hitam memiliki karateristik positif tersendiri, yaitu semua perempuan berpotensi menjadi cantik.