Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim Melalui Aplikasi Go-Food Persepsi Halal Serta Faktor Ekonomi & Non Ekonomi Yang Mempengaruhinya (Studi Pada Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Rahmadan, Thea Adelina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164563/1/Thea%20Adelina%20Rahmadani.pdf
http://repository.ub.ac.id/164563/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menilai kehalalan produk makanan yang ada di aplikasi GO-FOOD dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam membeli makanan melalui aplikasi GO-FOOD. Untuk itu digunakan analisis Factor Exploratory (FE) berganda pada data yang dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner pada mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan non probability accidental sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa 61,3% responden memilih cara menilai kehalalan produk makanan yang tersedia di aplikasi GO-FOOD dengan cara keberadaan logo halal pada penjual makanan. 53,33% menilai kehalalan produk makanan dari makanan yang dipesan tidak mengandung bahan –bahan yang diharamkan.. 44% responden menilai dari menu makanan yang diharamkan tidak dijual di tempat itu. 37,33% menilai dari merk yang tidak mengarah pada sesuatu yang diharamkan. Dan 12% responden menilai dari teman/kelarga yang memiliki tingkat religiusitas yang cukup tinggi. Sedangkan 9,33% responden menilai dari produsen makanan yang dipesan melalui aplikasi GO-FOOD. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dalam membeli makanan melalui aplikasi GO-FOOD terdapat faktor ekonomi (system pembayaran yang murah, faktor promosi, faktor harga, dan faktor produksi) dan faktor non ekonomi (faktor gaya hidup, faktor kemudahan pengguna, faktor halal dan baik, actor social, dan faktor kondisi sekitar)