Analisis Keterkaitan Dimensi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Kelompok Usaha King Betiri, Jember)
Main Author: | Sugiharta, I Nyoman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164560/ |
Daftar Isi:
- King Betiri merupakan kelompok usaha yang bergerak dibidang pengembangan produk toga yang berlokasi di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember, Jawa Timur. Salah satu produknya adalah empon instan yang memiliki berbagai varian diantaranya instan jahe, instan kunyit, instan temulawak, instan kunci sirih dan instan lidah buaya dengan kapasitas produksi 10 kg/minggu. Permasalahan yang dihadapi oleh King Betiri adalah inkonsistensi kualitas produk akibat bahan baku yang tidak konsisten dan proses produksi dengan peralatan yang kurang memadai. Hal ini berakibat pada rendahnya penjualan, fluktuasi pesanan, dan terdapat keluhan mengenai rasa empon instan. Kualitas produk sangat mempengaruhi keputusan pembelian karena atribut-atribut dari kualitas produk merupakan elemen yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian. Pasca keputusan pembelian akan berdampak pada kepuasan konsumen. Berdasarkan kondisi yang dialami, dibutuhkan analisis keterkaitan dimensi kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi kualitas produk yaitu performance, conformance, durability dan aesthetics terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen empon instan King Betiri. Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengetahui hubungan variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen yang digunakan adalah dimensi kualitas mencakup performance (X1), conformance (X2), durability (X3), dan aesthetics (X4) sedangkan variabel endogen yang digunakan adalah keputusan pembelian (Y1) dan kepuasan konsumen (Y2). Penelitian ini menggunakan instrumen vii penelitian berupa kuisioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan mengkonsumsi empon instan King Betiri minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir yang diambil sebanyak 67 sampel. Hasil uji menggunakan Partial Least Square dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel performance terhadap keputusan pembelian. Variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel keputusan pembelian antara lain adalah variabel conformance, durability, dan aesthetics. Adapun variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan dan hubungan positif terhadap variabel kepuasan konsumen adalah variabel keputusan pembelian. Indikator yang paling berpengaruh berdasarkan loading factor dari seluruh variabel adalah kepercayaan konsumen, sehingga perbaikan pada kualitas produk untuk meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap empon instan King Betiri paling diprioritaskan.