Analisis Persaingan Restoran Fast Food Berdasarkan Persepsi Konsumen dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scaling (MDS) (Studi Kasus di Kota Malang)
Main Author: | Nurwandira, Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164493/ |
Daftar Isi:
- Restoran cepat saji (fast food) telah menjadi gaya hidup dan ciri dari masyarakat modern. Restoran cepat saji (fast food) memiliki potensi untuk terus berkembang sehingga banyak perusahaan yang bermunculan. Di kota Malang bisnis restoran cepat saji (fast food) berkembang begitu pesat dengan munculnya beberapa restoran terbesar di Indonesia diantaranya KFC, Mc Donald’s, A&W dan CFC. Setiap restoran memiliki keunggulan, restoran harus mampu menentukan strategi yang tepat agar dapat memenangkan pasar. Mengingat persaingan yang begitu ketat maka restoran perlu mengetahui peta posisi persaingan restoran cepat saji (fast food). Persepsi konsumen terhadap merek restoran akan sangat membantu untuk menentukan posisi persaingan bisnis restoran. Persepsi konsumen merupakan hal penting karena merupakan faktor dasar yang mampu mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan berdasarkan persepsi konsumen restoran cepat saji dan menggunakan atribut marketing mix 7P. Penelitian dilakukan pada 4 merek restoran cepat saji dari perusahaan yang berbeda yaitu KFC Kawi Malang, Mc Donald’s Kayutangan Malang, A&W, dan CFC Klojen Malang. Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen restoran yang sudah pernah mengkonsumsi produk makanan dari restoran cepat saji diatas. Analisis persaingan restoran cepat saji dilakukan menggunakan metode analisis Multidimensional Scalling (MDS). Analisis Multidimensional Scaling (MDS) menggambarkan posisi sebuah objek dengan objek lain, berdasarkan kemiripan (similarity) objek-objek tersebut. Tahapan dalam menggunakan analisis viii Multidimensional Scaling (MDS) meliputi penentuan jumlah pasangan merek, penentuan data masukan, pengolahan data kemudian menetapkan nilai stress dan RSQ. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu peta posisi persaingan antara merek restoran cepat saji (fast food) berdasarkan persepsi konsumen di Kota Malang serta dapat memberikan gambaran informasi untuk perusahaan restoran mengenai langkah apa yang harus diambil untuk mempertahankan posisi dipasaran. Hasil peta persepsi konsumen menggunakan analisis Multidimensional Scaling menunjukkan bahwa restoran merek Mc Donald’s sebagai market leader atau yang paling unggul dibandingkan merek yang lainnya. Mc Donald’s unggul dari segi kualitas produk, kesesuaian harga produk, kemudahan akses lokasi, sarana promosi, penampilan dan ketrampilan karyawan, komunikasi karyawan, kualitas layanan, fasilitas layanan, dan desain bangunan. Selanjutnya peringkat kedua (market challenger ) yaitu KFC dimana restoran ini merupakan pesaing ketat dari Mc Donald’s. KFC unggul dari segi bentuk fisik produk, harga paketan, keaktifan promosi, dan kondisi fisik restoran. Peringkat ketiga diduduki AW yang unggul dari segi fasilitas parkir dan untuk peringkat terakhir diduduki oleh CFC yang banyak memiliki kelemahan antara lain dari segi produk, harga, tempat dan variabel yang lainnya. Kedua restoran tersebut yaitu AW dan CFC adalah sebagai market follower.