Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Seafood MCM “Maha Citra Mulia” Di Kabupaten Bojongoro, Provinsi Jawa Timur
Main Author: | Widyanagara, Aulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164404/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan menganalisis pengaruh pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang/karyawan, bukti fisik dan proses terhadap pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di Restoran Seafood MCM “Maha Citra Mulia”. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat uji SPSS. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) Keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel produk, harga, tempat, promosi, orang/karyawan, bukti fisik dan proses, 2) Variabel produk mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di Restoran seafood MCM “Maha Citra Mulia”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data kuantitatif. Menggunakan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu keputusan pembelian pada bauran pemasaran berpengaruh secara nyata, kecuali variable bukti fisik yang tidak berpengaruh secara nyata. Dimana variable yang berpegaruh secara nyata yaitu prosuk, harga, tempat, promosi, orang/karyawan dan proses terhadap keputusan pembelian. Bukti fisik tidak berpengaruh secara signifikan karena adanya bukti fisik seperti fasilitas umum, fasilitas penyanggga dan layout desain interior sangat tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelia, karena jika bukti fisik meningkat maka harga produk akan meningkat, sehingga konsumen lama tidak senang. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah factor bauran pemasaran berpengaruh nyata secara individu kecuali variable bukti fisik dan variable dominan adalah harga Harga mempengaruhi keputusan pembelian apabila sesuai dengan indikator penelitian, yaitu: harga yang terjangkau, kesesuaian harga dengan kualitas dan lebih murah dari rumah makan pesaing.