Faktor Penentu Minat Penggunaan E-Commerce Shopee Untuk Pembelian Online Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model)

Main Author: Aeni, Siti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164391/1/Siti%20Nur%20Aeni.pdf
http://repository.ub.ac.id/164391/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-commerce Shopee dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah melakukan transaksi di e-commerce Shopee. Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) versi 3.2.3 untuk menguji data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat penggunaan e-commerce Shopee untuk pembelian online dipengaruhi oleh variabel persepsi manfaat (perceived usefullness) sedangkan variabel persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use) dan persepsi keamanan tidak memiliki pengaruh terhadap minat penggunaan ecommerce Shopee untuk pembelian online.