Study Of Online Purchasing Airline Tickets On Traveloka: A Perspective Of The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (Utaut2) Model

Main Author: Jannah, Septi Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164338/1/Septi%20Kartika%20Jannah.pdf
http://repository.ub.ac.id/164338/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Hal itu mengubah cara orang berperilaku dalam kehidupan sehari-hari mereka. Teknologi perlahan mengubah budaya orang yang membeli tiket pesawat. Penggunaan sistem e-ticketing telah meningkat akhir-akhir ini di Indonesia. Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian pelanggan dan pembelian e-ticket yang sebenarnya dari Traveloka. Untuk melakukannya, perspektif dari model the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT2) digunakan. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Responden sebanyak 199 individu adalah mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang yang memiliki pengalaman dalam membeli e-ticket di Traveloka. Data dan hipotesis dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan Partial Least Square (PLS). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, kebiasaan dan nilai harga memiliki pengaruh paling signifikan terhadap niat perilaku untuk membeli e-ticket diantara variabel lainnya. Hasilnya juga menunjukkan bahwa usia hanya memperkuat pengaruh kondisi yang memfasilitasi terhadap niat perilaku. Selain itu, kebiasaan dan niat perilaku menunjukkan pengaruh signifikan terhadap pembelian e-tiket yang sebenarnya. Penelitian ini membantu untuk memahami tingkat penerimaan dan penggunaan e-tiket oleh pelanggan. Maka dari itu, organisasi dapat menentukan apa yang lebih dihargai oleh pelanggan ketika memutuskan untuk mengadopsi sistem e-tiket.