Peran locus of control terhadap risky driving behaviour pada pengendara sepeda motor di Kota Malang
Main Author: | Oktanto, Bian Muda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164289/1/Bian%20Muda%20Oktanto.pdf http://repository.ub.ac.id/164289/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran locus of control terhadap risky driving behaviour pada pengendara sepeda motor di Kota Malang. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 200 pengendara sepeda motor di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil adaptasi dari skala milik Mairean, dkk (2017), yaitu Traffic Locus of control Scale dan milik Iversen (2004) yaitu risky driving behaviour scale. Analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 20 for Windows. Metode analisis yang digunakan untuk melihat peran adalah uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan bahwa nilai signifikansi (ρ) sebesar 0,007 < ρ = 0,05. Locus of control berkontribusi sebesar 3 % dalam memprediksi risky driving behaviour. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peran locus of control terhadap risky driving behaviour pada pengendara sepeda motor di Kota Malang.