Analisis Persaingan Produk Mi Instan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) (Studi Kasus Konsumen Mi Instan Di Kota Malang)

Main Author: Pratama, Revani Andika Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164284/
Daftar Isi:
  • Kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi mie instan semakin meningkat sekitar 25% per tahun pada awal tahun 2000-an, angka ini diperkirakan akan terus meningkat sekitar 15% per tahun. Hal itu dapat menjadi peluang bisnis, sehingga setiap industri mie instan perlu meningkatkan kualitas dan inovasi pada produknya. Di Indonesia terdapat 3 perusahaan produsen mie instan yaitu mie Indomie, Supermie, Sarimi (PT. Indofood), Mie Sedaap (PT. Wingsfood), dan Mie ABC (PT ABC President Enterprises). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atributatribut yang signifikan, posisi persaingan antar merek dan strategi bersaing setiap produsen mie instan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Multidimensional Scalling (MDS). Variabel dalam penelitian ini adalah produk, harga dan promosi. Pengumpulan data dilakukan dengan 120 responden yang merupakan konsumen mi instan di Kota Malang. Hasil Analisis faktor menujukkan bahwa atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel produk adalah, faktor 1 yaitu tekstur mi, aroma, komposisi bumbu, rasa. Faktor 2 yaitu jumlah varian rasa, kemasan menarik. Atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel Harga adalah, faktor 1 yaitu harga murah, harga promosi. Faktor 2 yaitu harga sesuai dengan kualitas produk, harga sesuai berat. Atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel Promosi adalah, faktor 1 yaitu iklan di televisi, banyaknya poster di warung makan dan kios, slogan viii yang menarik. Faktor 2 yaitu rekomendasi dari teman & keluarga. Atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel Tempat adalah, faktor 1 yaitu ketersediaan varian rasa dari suatu merek, kemudahan mendapatkan produk. Faktor 2 yaitu, adanya contoh produk yang dipajang sehingga mudah ditemui konsumen. Hasil analisis Multidimensional Scalling, terdapat beberapa pemetaan posisi persaingan dari 5 merek mi instan yang digunakan. Pada variabel Produk, merek mi instan Indomie unggul pada faktor tekstur mi, aroma, komposisi bumbu, rasa, dan jumlah varian rasa, kemasan menarik. Pada variabel Harga, merek mi instan Sarimi unggu pada faktor harga murah dan harga promosi. Sedangkan Supermie unggu pada faktor harga sesuai dengan kualitas produk dan harga sesuai berat. Pada variabel promosi merek mie instan Indomie unggul pada faktor iklan televisi, banyak poster di warung makan dan kios, slogan yang menarik. Sedangkan Supermie unggul pada faktor rekomendasi dari teman & keluarga. Pada variabel tempat, merek mie instan Sarimi unggul pada faktor ketersediaan varian rasa dari suatu merek dan kemudahan mendapatkan produk. Sedangkan Mie Sedaap unggul pada faktor, adanya contoh produk yang dipajang sehingga mudah ditemui konsumen