Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT. Koki Indocan Pasuruan, Jawa Timur)

Main Author: Mustaqim, Muhammad Firman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164254/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia industri yang semakin pesat menuntut Indonesia sebagai salah satu negara berkembang untuk memiliki daya saing dalam merangsang tumbuhnya investasi-investasi baru. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan sejenis, maka dibutuhkan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berperan penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya manusia merupakan aset vital untuk perkembangan sebuah organisasi. Salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah menerapkan perlindungan bagi karyawan yaitu dengan melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dengan adanya program tersebut, maka diharapkan akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan sehingga karyawan dapat bekerja menjadi lebih efektif. Kepuasan kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih produktif. Selain itu, kepuasan kerja dipengaruhi oleh Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang merupakan perilaku individual yang bersifat bebas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesehatan dan keselamatan kerja (K3) terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan, dan pengaruh organizational citizenship behavior (OCB) dalam memoderasi hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. Koki Indocan pada bulan bulan Agustus hingga Oktober 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus dengan jumlah sampel vii sebanyak 46 karyawan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS 17.0 dan analisis inferensial menggunakan software SmartPLS 3. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja (K3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan, kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan organizational citizenship behavior (OCB) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya, kepuasan kerja memediasi sebagian hubungan antara K3 dengan kinerja karyawan dan variabel organizational citizenship behavior (OCB) memoderasi hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan.