Perancangan Kemasan Primer Produk Permen Keras Peppermint Menggunakan Metode Kansei Engineering
Main Author: | Anggraeni, Dita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164160/ |
Daftar Isi:
- Permen keras peppermint banyak yang beredar di pasaran. Hal ini menimbulkan terjadinya persaingan bisnis yang ketat, sehingga perlu dilakukan suatu upaya agar produk bertahan dan memenangkan persaingan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah merancang kemasan permen keras peppermint yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan desain kemasan primer permen keras peppermint yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan konsep kansei engineering untuk menerjemahkan persepsi konsumen terhadap desain kemasan primer permen keras peppermint. Analisis faktor dan analisis konjoin digunakan dalam pengolahan data penelitian ini. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui keterkaitan antar kata kansei dan menyederhanakannya menjadi faktor baru terbentuk yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah sebelumnya. Analisis konjoin digunakan untuk mengetahui hubungan antara elemen desain kemasan (bahan, bentuk, warna, label, dan asesoris) terhadap kata kansei sehingga memberikan konsep desain kemasan permen keras peppermint yang diinginkan konsumen. Berdasarkan pada hasil analisis, desain kemasan permen keras peppermint yang diinginkan oleh konsumen adalah desain yang menarik, modern, elegan, unik, informatif, inovatif, mudah disimpan, mudah dibuka/ditutup, bersih, aman, mencolok, ergonomis, mewah, warna terang, rapi, tahan lama, simpel, dan bercorak. Secara keseluruhan, desain kemasan permen peppermint yang disukai oleh konsumen yaitu berbahan plastik, berbentuk tabung, berlabel printing dan stiker, berasesoris flip top serta berwarna transparan. Elemen desain viii label memiliki tingkat kepentingan pertama (30.524%) selanjutnya diikuti dengan elemen desain bahan (29.188%), bentuk (21.763%), asesoris (11.300%) dan warna (7.226%).